12 Agustus 2011

VIRUS MABUA HARLEY-DAVIDSON JOURNEY IN INDONESIA

Keberadaan PT. Mabua Harley-Davidson sebagai wakil Harley-Davidson Motor Company (HDMC) serta dealer resmi di Indonesia, tercatat untuk pertama kalinya di Indonesia pada 13 Juni 1997, sebagai hasil dari sebuah inisiatif dari dua teman: Soetikno Soedarjo dan (akhir) Bambang Pramono Sungkono.
Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak mengurangi semangat para pendiri PT. Mabua Harley-Davidson yang bijaksana mengambil sebuah rumah toko kecil di Jalan Fatmawati No 14 Cipete, Jakarta Selatan, untuk dijadikan kantor dan juga showroom untuk dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia. Setelah melewati masa sembilan tahun, Mabua mampu pindah ke lokasi baru di Jalan TB, Simatupang 19 Jakarta Selatan, pada April 2006.
(Almarhum) Bambang Pramono Sungkono, seorang pria yang memiliki hobi adalah segalanya tentang sepeda motor besar, diangkat sebagai Direktur Utama PT.Mabua Harley-Davidson. Dia mulai agen yang sah dari "Kuda Besi Amerika" dengan dukungan dari 31 karyawan. Sementara itu, Soetikno Soedarjo sebagai pemegang saham terbesar diangkat sebagai presiden komisaris. Tak dapat disangkal, itu bukan waktu yang tepat untuk memulai bisnis baru, karena negara yang kita cintai sedang mengalami kecelakaan besar tidak hanya di negara ekonomi dan politik, tetapi juga bahasa Indonesia fisik dan psikologis. Kenapa itu tidak akan? Pada saat itu fluktuasi ekonomi terbesar dalam sejarah Indonesia terjadi. Nilai tukar rupiah turun terhadap semua mata uang asing, khususnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Bisa dibayangkan betapa sulitnya untuk PT. Mabua Harley-Davidson untuk memulai bisnisnya di Indonesia.
Hanya dengan semangat, kemauan, berdoa dan juga dukungan dari "persaudaraan" di antara teman-teman yang adalah penggemar sepeda motor besar, terutama Harley-Davidson, adalah berbagai upaya dan pengorbanan dilakukan untuk mengembangkan populasi motor Harley-Davidson di Indonesia. Bahkan berdasarkan keyakinan bahwa keberadaan dealer resmi di Jakarta tidak memadai, itu memutuskan untuk memiliki agen satu lagi di Bali, pulau dewata, yaitu PT. Dewata Harley-Davidson.
PT. Dewata Harley-Davidson resmi mulai beroperasi pada 17 September 2000 dengan 15 karyawan dan (almarhum) Tony Pramoediarso, sebagai Presiden Direktur, mengambil tempat yang sama seperti saat ini, di Jalan By Pass Ngurah Ray 120 AB, Bali â € " Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia telah selesai dengan dua dealer, dengan demikian, memungkinkan mereka untuk menyediakan layanan purna jual untuk semua pecinta Harley-Davidson di DKI â € "Bali area.
Sejarah Harley-Davidson di Indonesia mencatat baik oleh dealer telah menunjukkan perkembangan yang menjanjikan, meskipun rendahnya daya beli masyarakat Indonesia setelah itu telah hancur oleh krisis ekonomi, dan belum sepenuhnya pulih.
Sekali lagi sejarah Harley-Davidson di Indonesia diuji. Sebuah tes yang besar melanda dua dealer. Pertama, hal itu terjadi pada Jumat 11 Oktober, 2002. Pada saat itu, Direktur Utama PT. Mabua Harley-Davidson, Bapak Bambang Pramono Sungkono mengalami serangan jantung dalam perjalanan ke kantornya, dan sopir segera membawanya ke rumah sakit terdekat, yang Pertamina Pusat Rumah Sakit.
Pria mengusulkan, tapi Tuhan yang menentukan. Komunitas sepeda motor besar harus melepaskan Bapak Bambang Pramono Sungkono selamanya. Perasaan kehilangan tercermin ketika ratusan sepeda motor besar membawa tubuhnya ke kuburan di TPU karet bivak. Tiga minggu kemudian, percobaan kedua terjadi lagi ketika Mr Toni Pramoediarso, Presiden Direktur PT. Dewata Harley-Davidson, juga meninggal setelah Bapak Bambang Pramono Sungkono.
Tepat pada waktu itu, Mr Soetikno Soedarjo mengambil alih memimpin dealer Harley-Davidson di Indonesia dan secara kolektif melakukan pekerjaan dengan bantuan dari Djonnie Rahmat (yang, pada waktu itu, masih memegang posisi koran Umum Suara Pembaruan Manajer) , Mr Willy Tjondrodiputero sebagai manajer umum PT. Mabua Harley-Davidson dan Jeffrey Mesakh sebagai manajer umum PT. Dewata Harley-Davidson.
Setelah melalui banyak pertimbangan dan juga dukungan dari HDMC (Harley-Davidson Motor Company), Soetikno Soedarjo Mr, pada tanggal 1 Desember 2002, resmi terpilih Mr Djonnie Rahmat sebagai Presiden Direktur dari kedua dealer Harley-Davidson di Indonesia Sebab, Soetikno Soedarjo, Djonnie Rahmat bukan orang baru yang baru saja bertemu, tetapi dia adalah seorang mitra bisnis yang kuat dan kredibel di bidang bisnis lainnya yang telah berlangsung sejak tahun 1988 hingga saat ini.
Memiliki pengalaman sebagai pengusaha yang telah berhasil dalam bisnis yang memiliki hubungan dengan perusahaan-perusahaan internasional asing skala, dan sebagai pemilik banyak unit Harley-Davidson sepeda motor yang secara aktif membantu kegiatan sosial (almarhum) Bambang Pramono Sungkono, Djonnie Rahmat melanjutkan kehidupan dua dealer di bawah satu kebijakan baru yang bergabung dengan dealer dua di bawah satu kepemimpinan.
Oleh karena itu, struktur organisasi dari dealer dua diubah menjadi satu dealer Harley-Davidson di Indonesia. Willy Tjondrodiputero diangkat sebagai GM Penjualan & Pemasaran Negara dan Jeffrey Mesakh sebagai Negara Operasi GM.
Sebagai pemilik motor Harley-Davidson, Djonnie Rahmat sering menempatkan dirinya sebagai pelanggan dalam tampilan karyawan di Mabua Harley-Davidson, dan secara teratur melakukan diskusi yang mendalam bersama dengan staf untuk mengetahui apa jenis layanan perlu diberikan kepada pelanggan dalam rangka mencapai kepuasan pelanggan dan juga untuk meningkatkan perusahaan yang sekarang telah menjadi tanggung jawab utamanya.
Hal penting lainnya yang patut melihat sebagai titik balik dalam pengembangan kedua dealer merupakan workshop internal berjudul "Mengapa Kita Harus Ubah" pada tanggal 16 Maret 2003, terletak di sebuah rumah klub di Rancamaya Golf Country Club. Lokakarya ini diselenggarakan untuk memperkuat semangat kerja yang telah melonggarkan setelah kematian Mr Bambang Pramono Sungkono dan Tony Pramoediarso, serta sebagai upaya untuk meningkatkan moral karyawan yang, pada waktu itu, tampak kehilangan arah dan semangat kerja .
Sebuah hasil positif, melalui lokakarya, semangat kebangkitan dan perubahan menuju kondisi yang lebih baik diciptakan. Terkenal kata-kata pada saat itu: Survival dan Pemulihan (usaha berada di bawah kondisi memiliki kerugian dan suntikan dana dari pemegang saham diperlukan). Baru dari Mabua Harley-Davidson dan Dewata Harley-Davidson (keinginan untuk menggantikan paradigma lama dengan yang baru), Competitive Edge (pentingnya memiliki sesuatu yang diandalkan untuk memenangkan kompetisi), Buka Jalan depan (adanya kesempatan, tantangan yang harus berubah menjadi kesempatan), Ini adalah perjalanan kami (pernyataan untuk mempertahankan kebersamaan antara pemimpin dan karyawan seluruh).
"Apa yang kita pack & yang kita ambil bersama, dan di mana kami merencanakan untuk pergi adalah semua terserah kita Tetap No 1 jauh lebih sulit daripada menjadi No 1, karena kita harus memimpin atau kalah.. Fokus kami adalah mendapatkan dan mempertahankan pelanggan . "
Itulah slogan yang Djonnie Rahmat mencoba menanam di antara seluruh karyawan dan manajemen PT. Mabua Harley-Davidson dan PT. Dewata Harley-Davidson, bahwa perjalanan yang mereka alami adalah perjalanan tanpa akhir, penuh tantangan dan ujian. Selain itu, itu bukan perjalanan hanya berguna ketika mereka melakukannya dengan semangat yang tinggi dalam menjalankan setiap tugas.
Pada perjalanan Harley-Davidson di Indonesia, PT. Mabua Harley-Davidson dan Dewata Harley-Davidson mencatat kenaikan signifikan dari tingkat pertumbuhan penjualan sepeda motor tercatat pada tahun 2002 adalah 121 unit, tahun 2003 ada 222 unit, pada tahun 2004 itu 231 unit, dan pada tahun 2005 ada 334 sepeda motor Harley-Davidson unit. Pada tahun 2006, target manajemen adalah untuk melepaskan 350 unit Harley-Davidson sepeda motor.
Pada Juni, 15 2001 PT. Mabua Harley-Davidson terkenal karena prestasi bergengsi sebagai satu-satunya dealer resmi Harley-Davidson di dunia yang diizinkan untuk melakukan sistem CKD (Completely Knock Down). Untuk menjaga kualitas sepeda motor yang dihasilkan melalui sistem ini CKD, PT. Mabua Harley-Davidson melakukan pelatihan intensif untuk para pemuda, semua teknisi yang dimilikinya, dan teknisi yang telah lulus dari berbagai lokakarya yang diselenggarakan oleh HDMC (Harley-Davidson Motor Company). HDMC, pada kenyataannya, diterapkan implementasi audit teknis setiap tahun untuk menguji kelayakan dari sistem dan kualitas prosedur CKD, dengan maksud menjaga kepuasan semua pelanggan PT.Mabua Harley-Davidson dan Dewata Harley-Davidson. Pada Mei 2006, PT. Mabua Harley-Davidson telah selesai CKD produksi 1000 sepeda motor Harley-Davidson di Indonesia. Ini membuktikan bahwa teknisi Indonesia dapat bekerja secara profesional di re-merakit sepeda motor Harley-Davidson yang begitu dibanggakan di negara itu berasal.
Sebagai dealer hanya berwenang Harley-Davidson di Indonesia, baik dari dealer terus meningkatkan kualitas layanan mereka kepada pelanggan. Dengan membuat dealer sebagai one stop shopping untuk Harley-Davidson dan juga user, PT. Mabua Harley-Davidson dan PT. Dewata Harley-Davidson ada dengan satu set layanan yang lengkap mulai dari Harley-Davidson koleksi sepeda motor, pasokan suku cadang dan aksesoris, dan juga koleksi aneka Harley-Davidson barang umum, penyewaan sepeda motor Harley-Davidson dan juga layanan purna jual di kedua dealer.
Sebagai bagian dari upaya perbaikan mutu berkelanjutan, berbagai cara dilakukan untuk memungkinkan mereka untuk mempertahankan kelangsungan jaminan kepuasan pelanggan. Pada pertengahan tahun 2004, PT. Mabua Harley-Davidson berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2000 dan pada tahun berikutnya, status yang sama diperoleh oleh PT. Dewata Harley-Davidson.
Pada bulan November 2005, PT. Mabua Harley-Davidson meluncurkan program loyalitas keanggotaan, yaitu MHD Preferred Card dan juga layanan informasi on line selama 24 jam mengenai produk, informasi terbaru mengenai dan informasi lainnya, melalui website dengan alamat http://www.harley davidson-jakarta.com-
Sebagai bentuk komitmen, PT. Mabua Harley-Davidson dan PT. Dewata Harley-Davidson akan terus produktif untuk memberikan dukungan agar motor Harley-Davidson penduduk di Indonesia akan terus meningkat dan aktivitas mengendarai motor besar menjadi bagian dari gaya hidup layak untuk dinikmati oleh semua pecinta di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons